18.4.15

Cosmic Nina is Back!

Hi there!

Siapapun yang masih baca blog gue yang sudah entah berapa lama gue telantarkan. Inilah saatnya gue menceritakan segelintir kesibukan gue setelah selesai kuliah dan menunggu seremoni kelulusan yang akan dilaksanakan kurang dari sebulan lagi, tanggal 15 Mei 2015.

Gila, rasanya baru Agustus 2013 gue pakai toga dan gaun untuk lulus-lulusan S1. Lalu satu setengah tahun kemudian, gue akan pakai toga untuk gelar master. Musti gue katakan kalau S2 gue berlangsung cepet banget, hanya 2 semester = 8 bulan. “Gila cepet amat lo Rin. Ga salah tuh?” Sebenarnya mudah tapi cukup sulit untuk gue jelaskan. Pada intinya, S2 gue sangat menyenangkan dan ilmu yang gue dapet banyak banget dalam waktu yang singkat. Kalau bisa ngambil mata kuliah lagi, bahkan kalau bisa S3 sampe gue dapet Ph.D gue juga mau banget. Tapi sepertinya dengan pencapaian gue untuk bisa mencapai master, di salah satu universitas luar negri terfavorit, gue sudah mencentang satu dari berpuluh cita-cita terbesar dalam hidup gue. Dan gue berterima kasih sama kedua orang tua gue yang bisa memberikan kesempatan itu.

November 2014 adalah bulan terakhir gue kuliah S2. Berati sudah lima bulan ibaratnya gue ‘nganggur’. Dalam dua bulan pertama gue benar-benar nganggur parah, yang dirumah cuma bangun siang, makan, nonton film, browsing gak jelas, karaoke kaya anak gila di kamar, jalan-jalan gak jelas kesana kemari, ngelamar kerja sana-sini dari yang sesuai sama kualifikasi gue sampe kerjaan ‘yang-penting-gue-kerja-daripada nganggur’. Dalam pencarian kerja gue ga dapat respon dari siapa-siapa. Pernah dipanggil wawancara sekali tapi gak dapat kabar lagi. Hingga akhirnya tibalah gue pada kerjaan pertama gue. Pekerjaan yang tidak pernah terbayangkan akan jadi sesuatu yang gue kerjakan. Nama kerennya adalah ‘Kids Party Entertainer’. Kalau di bahasa Indonesia jadinya ya Badut.

Pertengahan Desember 2014 jadi kali pertama gue mengobservasi pekerjaan ini. Gue ngikut, lihatin alur kerjaannya, cuma observasi. Beberapa minggu kemudian gue ikut bantuin, kadang bantu face painting, bikin balon. Sebulan kemudian gue dilepas sendiri. Dan ternyata ketika lo mengerjakan pekerjaan ini sendiri, sama sekali gak gampang. Gue dituntut untuk multi-tasking mulai dari MC, party organiser, entertainer, dan singer. Setiap minggu gue ketemu berbagai tipikal klien yang berbeda, dari nationality yang berbeda pula. Mulai dari Aussie, Greek, Italy, Indian, Chinese, Philo, dan lain-lain. Mereka punya karakter yang unik. Gue pernah dapet klien super santai yang baik banget bebasin gue mau ngapain aja, sampe ada yang super cranky bikin gue panik sendiri. Belum lagi kalau dapat bocah-bocah yang hiper aktif, sugar rush, dan susah diatur. Mungkin next post gue bakal ceritain setiap pesta yang pernah gue datengin, karena sumpah itu lucu-lucu banget. Intinya gue sudah melakoni ini selama kurang lebih empat bulan, hampir setiap weekend gue sudah siap dengan koper ungu ukuran sedang dengan berbagai perlengakapan perang (face painting kit, tattoo, balloon + pump, pass the box gifts, portable speaker, bubbles, any games equipments) dan KOSTUM! Mulai dari badut, pirate, princess, Peppa Pig, Minnie Mouse, peri, sampai jadi Elsa nya Frozen, semua gue pernah. Walaupun Elsa jadi favorit anak-anak, tapi kostumnya paling gak gue suka. Satu, gaun birunya Elsa super panjang menjuntai lantai, gue selalu nyaris keserimpet pake itu. Kedua, gue musti pakai wig pirang dengan kepangan panjang ala-ala. Secara rambut gue hitam, ya kadang anak rambut gue pada ikut keluar dong. Terus muka gue kan Asia jadi suka ga pede. Tapi dasar bocah ya, mereka sih percaya-percaya aja. Malah kapan gue cuma pakai gaunnya aja tanpa wig dan kumpulan bocah-bocah India nanya, “Are you the real Elsa?”. Karena gue gak mau mengaburkan imajinasi mereka, gue pun harus menjawab manis dengan senyum tiga jari, “Yes, of course I’m the real Elsa from Arendelle.” Untungnya mereka percaya. Meskipun ada juga yang nyeletuk, “Why your hair is black?” Senyum aja deh gue mah.

Itu kesibukan gue setiap weekend.

Lalu kalau weekday ngapain?

Gue bantuin grup tari gue ngurusin websitenya. Namanya Suara Indonesia Dance. Mereka keren banget, founder dan artistic directornya orang Aussie campuran Irish dan Aceh, dan koreografernya adalah suaminya yang adalah orang Aceh asli. Sempat selama beberapa minggu di awal tahun gue bantu update konten website mereka. Sekarang mereka lagi sibuk sama kids festival yang bakal dilaksanain 3 minggu lagi. Gue ikut bantu jadi bagian sosial media dan humas. Selain itu mereka juga sibuk kasih workshop tari ke sekolah-sekolah di wilayah New South Wales. Kadang gue ikut mereka untuk observasi kegiatan mereka. Melihat antusias murid-murid yang ikut workshop, saat itulah gue semakin mencintai budaya Indonesia. Kalau orang Aussie bisa menghargai budaya Indonesia, kenapa kita gak bisa.

Buat ngisi waktu kosong, kadang gue baby sit atau ngantar koran. Pekerjaan yang kalau di Indonesia kedengeran ‘low’ tapi butuh skill yang gak semua orang bisa loh. Baby sit ini menyenangkan buat gue karena gue bisa main sama bayi dan ketawanya anak kecil tuh obat buat hati banget deh. Walau kadang kalau mereka nangis, bisa bikin agak pusing, tapi untungnya bayi yang gue urus setiap gue gendong, cepet banget diamnya.  Kalau nganter koran, itu jadi dalih gue buat olahraga. Eh tapi bener loh, kadang dalam sehari gue harus jalan satu sampai dua setengah jam. Udara Sydney kan adem jadi enak aja ngantar koran kemana-mana. Kadang pegel sih harus bawa 20-40 tabloid sekali jalan untuk 10-20 rumah, tapi anggap aja bawa barbel.

Dan yang jadi hits bulan April ini adalah gue menemukan kembali musikalitas dan jiwa kreatif gue.

Gue jadi kreatif karena instagram. Gue jadi makin cinta alam karena media sosial ini. Yang gue paling cinta dari Sydney itu adalah taman nasiaonalnya. Buat orang yang suka jalan (kaki) kaya gue, nemu berbagai taman nasional dengan fasilitas memadai di berbagai sudut New South Wales bikin album foto di handphone gue jadi penuh sama foto landscape. Awalnya cuma iseng, lama-lama ketagihan buat share kerennya pemandangan disini. Hutan, bukit, dan pantai bisa dijangkau dengan mudah. Fasilitas setiap taman nasional disini bisa dibilang sangat lengkap. Pemerintah punya website yang menjelaskan secara detail informasi tentang taman nasional di seluruh New South Wales, mulai dari cara mencapainya, pemandangan yang akan lo dapat, sampai berita terkini mengenai perbaikan/penutupan pada taman nasional tertentu. Lengkap selengkap-lengkapnya. Dan di instagram gue juga nemu temen-temen baru yang punya passion sama kaya gue.

Yang kedua, gue jadi kreatif karena gue kembali bermusik. Setelah sempat tahun kemarin selama beberapa bulan gue nge-band sama orang Aussie tapi gue harus mengundurkan diri karena ada masalah internal, akhirnya sekarang gue nemu anak-anak Indo yang punya selera musik yang sama kaya gue. Umur mereka gak jauh beda sama gue dan musikalitas mereka tingginya luar biasa. Salah satunya adalah junior gue waktu SMA di Gonz. Waktu gue lulus, dia baru masuk sih jadi itungannya gak kenal. Dia juga cuma satu semester di Gonz, abis itu pindah ke Aussie. Tapi emang nyambung aja dari segi musik sampe obrolan. Terus gue diajak ngeband bareng band dia buat acara pasar malam Indonesia yang dibuat sama mahasiswa Indonesia di UNSW. Ya gue mau lah. Tanggal 22 April ini kita bakal tampil di depan ribuan orang, sedappp. Tebak ada berapa personilnya? Delapan aja gitu. Ya gimana gak banyak, vokalisnya dua, keys-nya ada tiga, plus saxophone juga. Gue udah setaun lebih gak nemu panggung sama megang mic jadi pasti bakal nervous parah sih ini. Crowdnya pun beda pula, internasional gitu. Tapi harus keren!

Di luar dari penampilan berdelapan ini, gue dan beberapa anggota dari band itu mau bikin projek musik bareng. Kita udah saling ngirim sampel musik masing-masing. Keren-keren banget gila. Padahal itu baru sampel. Apapun yang terjadi projek ini harus jadi! Semoga lancar ya semuanya. Amin.

Anyway, ini post panjang amat ya. Sekalinya update langsung borongan. Mulai dari sekarang gue harus lebih banyak nulis, karena setahun kemarin banyak banget yang terlewatkan oleh gue dalam bentuk tulisan. Dan tahun ini gue harus mengembalikan jiwa penulis gue.

Besok ada satu pesta anak-anak nih. Mungkin ada yang seru bisa jadi cerita. Tunggu saja ya :D


1 comment:

  1. Oi Karin, gila uda selesai aja S2 lu. Selamet ya :) Gw pengen jg deh, gimana sih caranya liat persyaratan pendaftaran kampus dan biaya gitu Kar? Gw jg lg merencanakan sekolah keluar soalnya. Eh btw, kalo misalkan lu lagi nyari kerjaan, gw ada beberapa info lowker sih klo minat

    ReplyDelete